Just another WordPress site
Berita  

Mengenal Asuransi Mobil Terbaik Sebelum Membeli Polisnya

Asuransi Mobil Terbaik

Sebelum membeli asuransi mobil yang bagus pahami dulu apa itu asuransi mobil. Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi pada mobil dari kerusakan akibat kecelakaan, benturan, terbalik, atau tergelincir.

Memiliki asuransi mobil, kamu dapat menghindari biaya perbaikan yang tidak sedikit jumlahnya. Seperti diketahui, biaya perbaikan kendaraan roda empat tidak murah, karena itu penting memiliki produk proteksi satu ini.

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi kendaraan seperti Asuransi ACA, AIG, AXA Mandiri, Allianz, asuransi mobil Sinarmas dan lainnya. Lebih lanjut asuransi mobil Sinarmas bisa mengetahuinya dalam paparan berikut ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui daftar asuransi terbaik, sehingga bisa membandingkan produknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Seperti diketahui, asuransi kendaraan mobil terbaik pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi All Risk dan total loss only (TLO). Penjelasannya akan disampaikan secara detail dalam artikel ini.

Pentingnya Punya Asuransi Mobil

Mengasuransikan mobil merupakan hal yang bisa dibilang wajib dilakukan untuk para pemilik kendaraan roda empat, khususnya untuk mobil baru.

Lebih menguntungkan lagi jika kita bisa mendapatkan asuransi kendaraan yang murah sehingga bisa mengirit pengeluaran bulanan. Tapi kenapa penting banget untuk mengasuransikan mobil kita? Berikut ini alasannya.

Baca Juga :   Season Terbaru LifeAfter Mobile akan Hadirkan Tema Survival Melawan Zombie di Laut

1. Lebih tenang dalam berkendara

Risiko kejadian buruk bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Tentu akan ada perasaan khawatir dalam berkendara, apalagi jika mobil tersebut masih dalam kondisi baru.

Dengan adanya asuransi, tentu rasa khawatir itu akan sirna. Kamu tidak perlu takut kehilangan uang tabunganmu apabila risiko-risiko yang tidak diinginkan terjadi.

2. Menanggung berbagai kerugian mulai dari kerusakan sampai kehilangan

Mulai dari kerusakan sampai kehilangan, pihak asuransi akan bertanggung jawab terhadap hal-hal buruk yang terjadi pada mobil kita.

Jadi, tidak perlu khawatir dan kita bisa tetap berkendara tanpa perlu memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

3. Melindungi keuangan kita dari pengeluaran yang besar

Premi asuransi yang kita bayarkan tiap bulannya menjadi dana talangan jika terjadi sesuatu yang buruk terhadap mobil.

Premi kita terhitung jauh lebih murah dibandingkan dengan memperbaiki kerusakan mobil dengan uang sendiri.

Dengan membayar premi, maka mobil kita sudah dilindungi atas pengeluaran yang besar untuk perbaikan di bengkel.

4. Tidak perlu keluar dana tidak terduga karena sudah dialokasikan

Dana tidak terduga menjadi salah satu bentuk pengeluaran paling menyebalkan karena kita tidak bisa memprediksi kapan dan berapa banyak dana yang akan dikeluarkan.

Dengan adanya asuransi murah, kita tidak perlu khawatir kehilangan banyak uang di tabungan jika terjadi sesuatu pada kendaraan kita.

Kapan saja kendaraan kita mengalami kerusakan, kita hanya perlu membawanya ke bengkel rekanan asuransi dan semuanya beres diperbaiki tanpa dipungut biaya, kecuali biaya administrasi di bengkel yang terbilang sangat murah.

Tips memilih asuransi mobil

Ada beberapa tips untuk bisa memilih produk asuransi mobil paling bagus untuk kamu. Singkatnya, berikut adalah empat faktor utama yang harus dipikirkan saat memilih asuransi mobil.

Baca Juga :   Google Telah Merilis Versi Browser dari aplikasi Learn to Read Also

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai

Pertama-tama kamu harus tahu lebih dulu mana asuransi yang lebih sesuai untuk mobilmu, all risk atau TLO.

Usia kendaraan juga mempengaruhi ketersediaan pilihan polis asuransi. Secara umum asuransi all risk batasnya adalah usia mobil 10 tahun, sedangkan untuk TLO bisa hingga 15 tahun.

Namun aturan ini dapat berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi. Ada yang menawarkan asuransi all risk atau komprehensif dengan usia kendaraan maksimal 8 tahun dan TLO dengan usia maksimal 12 tahun.

Kedua asuransi ini sebenarnya bisa juga digabungkan untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal. Ini disebut dengan asuransi mobil kombinasi.

2. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas tepercaya

Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang kredibilitasnya baik. Lantas, bagaimana cara menilainya?

Salah satunya bisa dari kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Ini bisa dilihat dari RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi yang minimal nilainya adalah 120% untuk dianggap sehat.

Kamu juga bisa melihat dari review yang diterima oleh perusahaan tersebut karena penilaian dari pelanggan memang jadi salah satu indikator termudah untuk menilai suatu produk.

Jika kamu beli asuransi lewat Lifepal, dijamin semua perusahaan yang terdaftar punya kredibilitas tinggi dan dapat kamu percaya.

3. Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Jika saat memilih asuransi kesehatan kamu harus mencari yang rumah sakit rekanannya banyak, ketika memilih asuransi mobil tentu harus pilih yang bengkel rekanannya luas.

Semakin banyak bengkel rekanan maka proses klaim akan semakin mudah. Lebih cepat juga mobilmu dapat ditangani.

4. Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Harga premi yang beragam juga disesuaikan dengan manfaat yang kamu dapatkan. Jangan pilih asal murah, tapi pastikan dulu apakah manfaatnya sudah memenuhi kebutuhanmu.

Baca Juga :   8 Fakta Nilou Genshin Impact, Sang Penari dari Sumeru

Kamu juga bisa menambahkan rider atau manfaat pada setiap polis asuransi jika kamu memang membutuhkannya.

Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Mobil  

Secara umum, perhitungan premi didasarkan pada rate asuransi dikali dengan harga mobil. Rate ini sendiri pada dasarnya sudah diatur oleh OJK berdasarkan dengan kategori kendaraan, harga mobil, dan wilayah.

Meskipun terdapat rate dasar yang sudah ditentukan, tapi perusahaan berhak untuk menentukan harga premi berdasarkan pertimbangan lain. Misalnya manfaat yang ditawarkan lebih beragam.

Selain itu, beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan antara lain usia pengemudi, rekam jejak kredit, dan sebagainya.

Premi asuransi TLO rata-rata menggunakan rate asuransi sebesar 0,8%-1% sementara rate asuransi all risk adalah sekitar 2,5-3,5%.